Asal Usul Kemunculan Kartu Remi

Setiap hari kita selalu bermain di salah satu situs poker online. Tentu pasti semua penasaran bukan. Kapan dan dimana kartu remi itu hadir sampai sekarang di masa lalu?.

Kapan dan siapa penemu kartu remi tidak dikenal secara pasti. Diduga asal usul berasal dari daratan Cina atau Hindustan (India) sekitar tahun 800. Bagaimana ceritanya sampai bisa dapat masuk ke Eropa. Mungkin dibawa oleh para pedagang, tentara, atau suku-suku nomaden. Yang jelas, beragam jenis permainan kartu ini – entah datang dari Timur, Mesir, atau Arab – timbul di Italia kaprah-kaprah akhir tahun 1200-an. Sesudah itu menyebar ke Jerman, Prancis, dan Spanyol.

Kartu Remi Sering Juga di Sebut Kartu Tarot modern

Sejumlah spesialis sejarah menyangka, kartu permainan itu hasil evolusi dari sejenis permainan catur yang dimainkan oleh para gembala di Asia Barat. Sambil menggembala, mereka bermain catur mengaplikasikan kerikil. Pakar lain beranggapan, permainan kartu adalah evolusi dari semacam upacara untuk berkomunikasi dengan para dewa.

Empat batang tongkat atau buah hati panah yang telah ditandai dengan empat simbol berbeda, dilemparkan ke atas altar. Tongkat mana yang jatuh, itulah yang diinterpretasikan sang pendeta sebagai titah dewa. Kartu pertama di Eropa (Italia) disebut Kartu Tarot (tarrochi) atau tablet nasib sebab formatnya seperti tablet, dan diaplikasikan antara lain untuk meramal nasib. Tarot tertua berasal dari tahun 1470 di Lombardy.

Satu setnya terdiri dari 50 kartu, dibagi menjadi 5 kategori masing-masing 10 kartu. Pada permukaannya terukir tema-tema alegori atau mitologi seputar pelbagai aspek kehidupan seperti ilmu, seni, planet, dan sebagainya.
Tarot terus berevolusi. Tarot Venetia jumlahnya 78 kartu, termasuk sebuah kartu – namanya il matto (si pandir) – yang diduga sebagai cikal-bakalnya joker modern.

Dulu kartu permainan terbatas dinikmati kaum borjuis atau ningrat mengingat harganya mahal sebab masih buatan tangan dan gambarnya hasil lukisan. Sesudah metode cetak dengan kayu ditemukan, kartu menjangkau masyarakat ramai. Produksi makin meningkat setelah ditemukan teknik cetak dengan plat tembaga.

Ditemukannya pengerjaan reproduksi warna dengan teknik litografi di permulaan 1800-an makin menunjang munculnya kartu-kartu cantik dari Jerman, Italia, dan Prancis.

Sejarah tidak mencatat siapa hakekatnya sosok Jack, Queen, dan King pada kartu modern. Namun tokoh pada kartu-kartu sebelumnya terus berganti dari waktu ke waktu. Pada kartu tua dari Italia dan Spanyol, keempat kartu King-nya membuktikan para raja dari kerajaan besar dunia Abad Pertengahan. Lalu saat Raja Henry III dari Prancis naik tahta, kostum para ningrat pada kartu berubah mencontoh mode pada zaman itu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *